21 Contoh Pertanyaan Interview Kerja Bahasa Inggris dan Artinya

Dapat panggilan wawancara kerja? Yeay, Congratulation ! Persiapkan dirimu sebaik-baiknya untuk menghadapi wawancara tersebut. Tahap ini adalah pintu yang akan menentukan apakah kamu akan mendapatkan pekerjaan impianmu tersebut atau orang lain yang akan menggantikan posisi itu, apa lagi kalau kamu melamar pada perusahaan asing, sudah pasti pertanyaan interview bahasa inggris akan digunakan. Wawancara kerja tidak semudah ngobrol dengan teman kita sendiri. Squliners perlu banget mempersiapkan senjata berupa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pewawancara yang sering kali menjebak. Tambah lagi jika wawancara itu dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Setiap orang ingin bekerja di tempat yang nyaman dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Namun, terkadang, beberapa orang tersebut kurang mempersiapkan apa-apa saja yang harus dipersiapkan dalam melamar pekerjaan.

Dalam suatu pekerjaan, beberapa instansi sering sekali memberikan spesifikasi untuk mereka yang ingin melamar kerja dengan sebuah wawancara-wawancara guna melihat, apakah orang tersebut siap untuk bekerja atau tidak.

Dalam wawancara tersebut, setiap instansi memiliki standarnya masing-masing dalam melakukan seleksi. Ada wawancara yang menggunakan bahasa Indonesia, pun yang harus dipersiapkan, ada yang wawancara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Sebelumnya, kita sudah mengulas dan mengenal bahasa Inggris di web ini. Jika sudah benar-benar paham, seharusnya kita bisa merasa nyaman-nyaman saja jika nantinya kita berada pada posisi dimana pertanyaan interview bahasa inggris harus digunakan.

Biasanya wawancara atau pertanyaan interview Bahasa Inggris ini dilakukandan digunakan oleh perusahaan multinasional yang berguna untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris calon pelamar. Nah, Squliners wajib tahu pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara Bahasa Inggris supaya kamu bisa mempersiapkan jawaban terbaik kamu.

Untuk, menggambarkan lebih jelasnya lagi tentang wawancara dengan bahasa Inggris, berikut adalah 21 contoh pertanyaan wawancara kerja Bahasa Inggris :

Pertanyaan Interview Bahasa Inggris


1. Okay, Please introduce yourself briefly? (Baiklah, Tolong perkenalkan diri anda secara singkat ?)

Ini adalah pertanyaan paling mendasar yang biasa disodorkan dalam wawancara dengan menggunakan bahasa Inggris. Artinya sederhana, yaitu hanya meminta kita untuk memperkenalkan diri kita secara singkat saja. Namun, ada sesuatu yang digali dari seorang yang mewawancara dari pertanyaan ini, yaitu tentang bagaimana kita bisa membawa diri dan mengenalkan diri kita secara baik dan benar. Berikut ini contoh dialognya :

You : My name is Rahman, I am twenty five years old. I have graduated from Gadjah Mada University, majoring in Computer Science. I can speak English very well, even though I am not Majoring in English and My Activity right now is Writing on my Personal English Blog, I am also active in several activities that related to my background.

Anda : Nama saya Rahman, umur saya 25 tahun. Saya lulus kuliah dari Universitas Gadjah Mada, jurusan Komputer Sains. Saya dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik walaupun saya bukan jurusan bahasa inggris dan Aktifitas saya sekarang adalah menulis di blog inggris pribadi saya, saya juga aktif di beberapa kegiatan yang berhubungan dengan latar belakang saya.

Perkenalkan diri kamu bisa sedikit disangkutkan dengan hal yang berkaitan dengan posisi yang ingin kamu lamar. Bisa juga ditambahkan dengan keterampilan yang diperlukan oleh pekerjaan impianmu tersebut.

2. What department do you apply and why do you interested on it? (Posisi apa yang anda lamar dan kenapa anda tertarik melamar posisi itu ?)

Selanjutnya, setelah mengenalkan diri kita secara singkat, biasanya pertanyaan selanjutnya dalam wawancara bahasa Inggris adalah mengenai bagian apa yang akan kita lamar dan mengapa kita tertarik dengan posisi tersebut. pertanyaan ini guna mencari tau, apa motivasi kita tentang pekerjaan yang ingin kita ambil. Apakah kita serius untuk mengambilnya, atau hanya sekedar main-main saja. Adapun contoh dialognya seperti dibawah ini:

You : I want to apply for the System Analyst position, I interested working on that position because that is my passion and I am also love working with computers since I was a kid.

Anda : Saya ingin melamar di posisi System Analyst, Saya tertarik bekerja pada posisi tersebut karena saya itulah semangat saya dan saya juga suka bekerja dengan komputer sejak saya masih kecil.

Kamu harus menjelaskan bagian apa yang kamu lamar dan alasan yang membuat kamu tertarik pada posisi tersebut. Berikan alasan pendukung yang akan membuat pewawancara yakin bahwa kamu pantas ada di posisi tersebut.

3. Why did you leave your previous job? (Kenapa anda meninggalkan pekerjaan anda yang sebelumnya ?)

Pertanyaan interview bahasa Inggris yang sering sekali digunakan adalah pertanyaan ini, jika kita pernah bekerja disuatu instansi adalah pertanyaan tentang alasan kenapa kita meninggalkan atau keluar dari pekerjaan sebelumnya. Pertanyaan ini biasanya ditujukan untuk mengetahui bagaimana sifat kita dalam suatu pekerjaan dan mencari alasan atas jawaban tersebut.

You : I leave my previous job because I want more challenge and new experiences.

Anda : Saya meninggalkan pekerjaan sebelumnya karena saya menginginkan tantangan lebih dan pengalaman baru.

Pertanyaan ini juga bisa jadi menjebak. Berikan alasan yang tepat dan jangan sampai menjelek-jelekan perusahaan kamu sebelumnya karena mereka akan berpikir ini akan terjadi juga ketika kamu meninggalkan perusahaan mereka.

4. What if in this new place you feel the same as you did in your last work/office? (Bagaimana jika rasanya bekerja di tempat barumu sama saja bekerja di kantor lamamu ?)

Pertanyaan interview bahasa inggris berikut ini sangat berkaitan dengan poin nomer tiga diatas adalah pertanyaan mengenai bagaimana jika alasan yang kita jawab dalam pertanyaan di point nomer tiga itu terjadi di perusahaan yang akan kita lamar. Biasanya ini memang menjadi pertanyaan yang menjebak untuk kita. Jadi,usahakan dalam menjawab pertanyaan nomer 3 tidak menjelek-jelekkan suatu instansi agar pertanyaan nomer 4 ini tidak ditanyakan. Dibawah ini contoh dialognya:

You : It is okay for me, because I think it will be different from my previous job, also as I mention before, I love to gain new experience.

Anda : Itu tidak apa bagi saya, karena saya pikir rasanya akan berbeda dari pekerjaan saya yang sebelumnya, juga seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya suka mendapatkan pengalaman baru.

5. When were you most satisfied in your work? (Kapan anda merasa sangat puas dengan pekerjaan anda ?)

Pertanyaan selanjutnya untuk wawancara kerja berbahasa Inggris ini adalah tentang apakah kita merasa sangat puas pekerjaan dengan pekerjaan kita. Biasanya pertanyaan ini ditujukan karena pihak instansi menginginkan orang yang benar-benar serius ingin mendapatkan pekerja yang friendly terhadap apa-apa saja yang dikerjakan. Selanjutnya, jawaban dari kita tentu akan menentukan segalanya. Berikut ini contoh dialognya:

You : It’s When I completed my job properly and on time, also when I get a job that related to my passion.

Anda : Yaitu ketika saya berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, juga ketika saya mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan passion saya.

6. What are your strengths, please specify each of three? (Apa kekuatan anda ? tolong jelaskan tiga). 

Pertanyaan interview bahasa Inggris selanjutnya adalah mengenai kelebihan kita sebagai pelamar kerja. Ya, tentu saja pihak instansi ingin tau seberapa besar keahlian kita dalam menguasai suatu bidang dan apakah keahlian itu mumpuni atau tidak. Pihak instansi selalu ingin mendapatkan pekerja yang terbaik dari yang terbaik. Jadi, sebisa mungkin jawab pertanyaan ini dengan sejujur mungkin agar kelak jika sudah diterima oleh instansi itu tidak mengecewakan.

You : My strengths are, I love to learn new things, I have a good analytical thinking and I like to pursue my target.

Anda : Kekuatan saya adalah, saya senang belajar hal baru, saya adalah pemikir analisis yang baik, dan saya juga senang mengerjar target saya.

7. What are your weakness, please specify each of three? (Apa kelemahan anda ? tolong jelaskan tiga).

Pertanyaan tentang wawancara berbahasa Inggris selanjutnya adalah kebalikan dari point 6 diatas, yaitu tentang kelemahan yang ada pada diri kita. Tentu saja pihak instansi ingin tau lebih dalam tentang bagaimana diri kita dari kelemahan-kelemahan itu dan kemudian akan menilai apakah kelemahan tersebut bisa diminimalisir atau tidak. Sama seperti point nomer 6 diatas, jawab pertanyaan ini sejujur mungkin.

You : My weakness are, I often to lose focus when I have too many distractions, next I am a perfectionist, so sometimes I took a long time to finish a job, because I want to finish it perfectly, and the last is I am easily to get bored.

Anda : Kelemahan saya adalah, Saya sering kehilangan focus ketika saya mendapati terlalu banyak gangguan, selanjutnya saya adalah seorang yang perfeksionis, jadi terkadang saya membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan karena saya ingin menyelesaikannya dengan sempurna, dan yang terakhir adalah saya mudah bosan.

8. Why should we hire you? (Kenapa kami harus memperkerjakan anda ?)

Setiap hal butuh alasan. Tidak terkecuali dengan pihak instansi yang menginginkan pekerja baru. Inilah yang menjadi pertanyaan wawancara kerja dalam bahasa Inggris selanjutnya. Pertanyaan sederhana : ‘Mengapa kami harus mempekerjakan anda?’ yang kemudian akan menentukan seberapa seriusnya kita dalam melamar kerja ini dan seberapa ahli kita dalam suatu bidang.

You : Because I have very good experiences in this field, even this field is my own passion, so I have a very strong spirit for this field.

Anda : Karena saya mempunyai pengalaman yang sangat baik dibidang ini bahkan bidang ini adalah passion saya sendiri, jadi saya memiliki semangat yang kuat untuk bidang yang saya tekuni ini.

Berikan alasan yang kuat supaya pewawancara benar-benar yakin terhadap kamu dan merasa bahwa kamulah yang paling pantas mengisi posisi tersebut. Kamu harus pintar meyakinkan pewawancara pada pertanyaan ini.

9. How much salary do you want in every month? (Berapa gaji yang anda inginkan setiap bulannya ?)

Pertanyaan selanjutnya tentang wawancara berbahasa Inggris adalah tentang seberapa besar gaji yang kita inginkan setiap bulannya. Agaknya, hal ini mungkin merupakan pertanyaan yang serba salah untuk dijawab. Kalau jawab sedikit, takut digaji sedikit beneran. Kalau dijawab banyak, takut dikira banyak maunya. Maka, cara paling aman untuk pertanyaan ini adalah dengan jawaban : ‘Kita serahkan kepada pihak manajemen perusahaan sesuai dengan standar upah minimum pemerintah’ atau kamu dapat langsung menjawab dengan tegas berapa harga yang kamu mau, seperti contoh berikut ini:

You : I am expecting my salary is two and half million rupiahs per month.

Anda : Saya berharap gaji saya adalah 2.5 juta rupiah perbulan.

Jika kamu ingin terlihat tegas, kamu bisa menyebutkan dengan mantap angka yang diinginkan. Tapi ingat, harus realistis dan sebanding dengan kontribusi kamu buat perusahaan nantinya. Jika kamu belum yakin, kamu bisa menjawab bahwa kamu menyerahkan hal ini sesuai dengan aturan perusahaan atau sesuai dengan tugas dan tanggung jawab pada posisi tersebut. Hal ini akan membuat pewawancara paham berapa nilai salary yang akan Squliners dapat nantinya.

10. Do you have any strategies to increase our business income? (Apakah anda memiliki strategi untuk menambah pemasukan bisnis kami ?)

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang apakah kita mempunyai strategi lain dalam meningkatkan pendapatan bisnis suatu instansi. Biasanya pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui bagaimana pola pikir kita dalam melakukan tindakan dan bagaimana cara kita dalam menentukan strategi. Ini tentu menjadi suatu hal yang sangat dipertimbangkan oleh instansi.

You : Yes, I have some great ideas to increase the income, such as create a new flavor for your product or by doing a new type of promotion.

Anda : Ya, saya punya beberapa ide hebat untuk menambah pemasukan, contohnya seperti membuat rasa baru untuk produk anda atau dengan melakukan promosi jenis baru.

11. What course did you attend? (Kursus apa yang sudah anda hadiri ?)

Setiap instansi pasti menginginkan pekerja yang mumpuni, maka, pertanyaan wawancara berbahasa Inggris kali ini yang membahas tentang kursus apa yang pernah kita ikuti merupakan salah satu pertimbangan lain untuk pihak HRD. Tentu saja, mereka menginginkan pekerja yang mempunyai beberapa keahlian yang diasah dari kursus-kursus yang diikuti. Kursus atau pelatihan ini mungkin menjadi elemen yang cukup mendukung dalam pelaksanaan wawancara kerja nantinya.

You : I have been Attended many courses of this field, one of them is the national course about programming and programming analyze that held in Jakarta 1 month ago.

Anda : Saya sudah banyak sekali mengikuti kursus – kursus dibidang ini, salah satunya adalah kursus tentang pemrograman dan analisa pemrograman nasional yang diselenggarakan di Jakarta 1 bulan lalu. 

12. Could you mention any computer software that you expert in it? (Bisakah anda menyebutkan program komputer apa yang anda kuasai ?)

Pertanyaan selanjutnya tentang wawancara kerja berbahasa Inggris adalah perihal kemampuan kita dalam menguasai software-software komputer. Ya, benar saja, di era globalisasi semacam ini, zaman sudah semakin berkembang maju. Menguasai software komputer tentu merupakan suatu hal yang sangat membantu kita dalam mencari pekerjaan. Sebisa mungkin, pelajari software komputer supaya kelak bisa menjawab pertanyaan ini dengan jawaban sebanyak mungkin.

You : Besides of programming, I am also an expert of Microsoft Office dan also an expert for design software, like Adobe Photoshop and Corel Draw.

Anda : Selain pemrograman, saya juga ahli menggunakan Microsoft Office dan juga ahli menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw.

13. Can you work with a team and under pressure? (Bisakah anda bekerja dalam tim dan dalam tekanan ?)

Selanjutnya, pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris yang akan ditanyakan adalah tentang dapatkah kita bekerja di dalam sebuah tim dan juga dibawah tekanan. Tentu saja, ini pertanyaan yang sangat penting untuk pihak instansi tanyakan mengingat dalam pekerjaan, kita pasti akan dihadapkan pada posisi tertekan dalam suatu masalah. Oleh karena itu, kemampuan kita disini dalam menjaga emosi dan ketenangan sangat dibutuhkan.

You : Yes I can, I also don’t think it’s a pressure because it’s the responsibility of my work and it’s also a great change to improve the quality of myself.

Anda : Ya saya bisa, saya juga tidak berpikir kalau itu adalah sebuah tekanan, karena itu sudah menjadi tanggung jawab pekerjaan saya dan itu juga dapat menjadi kesempatan besar untuk meningkatkan kualitas diri saya sendiri.

14. What do you know about our company? (Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?)

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, kamu perlu mempersiapkannya dengan cara mempelajari tentang profil perusahaan sebelum datang ke wawancara kerja. Perusahaan ingin tahu seberapa jauh minat dan pengetahuan kamu tentang perusahaan tersebut.

You : Yes, your company is a company that engaged in digital services

Anda : Ya, perusahaan anda adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa digital.

15. Why do you want to work in our company? (Kenapa anda ingin bekerja di perusahaan kami ?)

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang kenapa kita ingin bekerja di instansi mereka. Tentu saja, pertanyaan ini bertujuan untuk memastikan apakah kita benar-benar tertarik terhadap pekerjaan yang diajukan oleh instansi atau hanya sekedar melamar karena kebetulan ada lowongan. Maka disini, kita sebagai pemohon seharusnya bisa meyakinkan kepada pihak instansi bahwa kita serius untuk bekerja di instansi tersebut.

You : Because your company have a good reputation and of course to get the great experience to work in here.

Anda : Karena perusahaan anda memiliki reputasi yang baik dan tentu saja untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa bekerja di perusahaan ini.

16. What are your goals? (Apa tujuan anda ?)

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang apa tujuan hidup kita. Ini sangat penting untuk diketahui oleh pihak instansi karena mereka butuh seorang pekerja yang ‘jelas’ tujuan hidupnya. Artinya, kita bisa menjawab pertanyaan ini mengacu pada jangka pendek saja karena dengan begitu instansi yang akan menjadi tempat kita bekerja kelak dapat terlibat untuk membahas tujuan atas sikap profesional kita selanjutnya.

You : To become a better person and more professional.

Anda : Untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan pribadi yang lebih professional.

17. What can you do for us that other candidates cannot offer? (Apa yang dapat anda lakukan untuk kami tapi tidak dapat dilakukan oleh kandidat yang lain ?)

Wawancara kerja bahasa Inggris selanjutnya adalah mengenai pertanyaan tentang apa yang membuat diri kita lebih baik untuk bekerja di instansi mereka ketimbang orang lain. Ini sebenarnya memang salah satu pertanyaan yang paling sulit dalam wawancara kerja dalam bahasa Inggris yang kelak membuat kita terdiam dan tidak bisa menjawab. Maka, kuncinya, untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan berkonstrasi dan percaya diri pada pembahasan yang bersifat positif dan kualifikasi kerja yang kita anggap penting serta relevan. Dan yang terpenting, tidak menjatuhkan orang lain.

18. What three positive things would your last boss say about you? (Apa 3 hal positif tentang anda yang di ucapkan oleh bos anda yang sebelumnya ?)

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang hal-hal positif yang dahulu pernah diucapkan oleh boss terdahulu kepada kita. Pertanyaan ini tentu sangat diperlukan oleh pihak instansi karena mereka ingin tahu, bagaimana diri kita menurut orang lain yang pernah bekerja bersama kita. Ini merupakan sebuah pertanyaan yang cukup penting. Maka, bersikap baiklah kita terhadap orang lain atau boss kita.

19. Do you have any ambitions in your life that you want to archive? (Apakah anda mempunyai suatu ambisi didalam hidup anda yang ingin di simpan ?)

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris selanjutnya ini tentu diajukan karena pihak instansi ingin mengetahui seberapa besar keinginan dan target yang ingin kita dapatkan dari pekerjaan kita kelak. Maka, disini, jangan pernah sekali-kali menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang tidak relevan dengan pekerjaan kita kelak. Jawab dengan jawaban yang logis terkait dengan pekerjaan yang ingin kita ambil.

20. Do you have working experience in this position? (Apakah anda memiliki pengalaman kerja pada posisi ini ?)

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang apakah kita mempunyai pengalaman kerja sesuai dengan posisi kerja yang kita lamar tersebut. Biasanya dari sini pihak instansi sangat tertarik dan mengutamakan mereka yang mempunyai pengalaman kerja. Namun, untuk mereka yang belum punya pengalaman kerja, jangan pernah khawatir. Kesempatan masih terbuka. Setidaknya, kita pasti akan melamar ke instansi yang sekiranya sesuai dengan jurusan kita mengambil study kan?

21. Do you have questions about this job? (Apakah anda punya pertanyaan tentang pekerjaan ini ?)

Ini adalah pertanyaan wawancara kerja dalam bahasa Inggris yang bisanya sering ditanyakan dan sering menjadi akhir dari wawancara. Pihak instansi tentu menginginkan sikap keingin-tahuan darimu, dari sini pihak instansi dapat menilai apakah kita yang melamar benar-benar serius ingin bekerja dan tau bagaimana seluk beluk instansi mereka atau tidak. Jadi, sebisa mungkin, jika pertanyaan ini diajukan, tanyakan semua hal yang membuat penasaran sehingga jika nanti diterima, kita sudah tau semuanya.

Itu adalah 21 contoh pertanyaan wawancara kerja dalam bahasa Inggris, selanjutnya, sebisa mungkin jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jawaban-jawaban yang sopan. Yang terpenting, bukan jawabanlah yang akan mengantar kita pada pekerjaan yang sebenarnya, namun realisasi atas jawaban kita itulah yang akan membuktikan kita pada pekerjaan yang sebenarnya.

Semoga sukses.

Selamat mendaftar pekerjaan.

Previous
Next Post »
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Atas