Laptop Google Bakal Pakai Engsel Bermotor, Bisa Membuka Sendiri



MRALISADIKIN.NET - Ilustrasi perangkat Laptop Google Pakai Engsel Bermotor(Google/ USPTO)
MRALISADIKIN.NET - Selama ini engsel laptop memiliki fungsi yang tak banyak berubah. Pengguna selalu membuka layar secara manual dengan tangan lalu menyalakan laptop.

Bagaimana kalau engsel laptop ditambahi motor agar bisa membuka sendiri? Itulah yang dideskripsikan oleh Google dalam sebuah dokumen paten yang diajukannya ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Paten tersebut menjelaskan bahwa layar laptop Google bisa terbuka secara otomatis dengan bantuan motor. Pengguna cukup mengetuk bagian punggung layar ketika laptop dalam keadaan tertutup.

Kemampuan membuka layar secara otomatis mungkin dimaksudkan agar kalangan pengguna tertentu, misalnya penyandang disabilitas, bisa lebih mudah menggunakan laptop.

Bukan hanya membuka layar sendiri, laptop Google dalam paten berjudul “Notebook Computer with Motorized Display Positioning” itu pun dibekali serangkaian sensor yang bisa mendeteksi jarak dan posisi wajah pengguna.

Dengan bantuan motor di engselnya, sang laptop pun bisa meyesuaikan sudut bukaan layar lagar senantiasa optimal untuk pandangan pengguna.

Ketika laptop mendeteksi pengguna sedang tak berada di depannya, layar akan menutup sendiri secara otomatis supaya tak dipakai oleh orang lain.

Sayang, meski mungkin terdengar menarik, sejauh ini sang laptop masih berupa sekadar paten yang sudah diajukan oleh Google sejak Oktober 2013 lalu.

Belum bisa dipastikan apakah konsepnya benar-benar akan mewujud dalam bentuk produk laptop Google Chromebook atau tidak.

Sumber : KOMPAS & GOOGLE

Previous
Next Post »
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Atas