Artikel Sumpah Pemuda 28 Oktober


Sumpah pemuda, ya itulah yang akan diperingati sebentari lagi. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober, setiap tanggal tersebut, bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda.  85 tahun yang lalu kita, sebagai bangsa Indonesia telah melalui suatu peristiwa penting yang bernama “Sumpah Pemuda”.  Pada tanggal 28 Oktober 1928, di jalan Kramat Raya 106, Jakarta Pusat telah lahir sebuah gagasan besar yang seharusnya telah membentuk kehidupan bangsa Indonesia yang lebih baik saat ini. 
Sumpah Pemuda yang bersejarah tersebut akhirnya dapa memupuk jiwa para generasi bangsa Indonesia ini, bagaimana tidak, Sumpah Pemuda mengandung kata-kata yang penuh makna, kata-kata yang dapat menggugah jiwa dan semangat pemuda-pemudi Indonesia ini untuk lebih semangat dalam mencintai Tanah Air tercinta ini. Adapun isi Sumpah Pemuda tersebut adalah sebagai berikut :
1.     Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
2.     Kami putera dan puteri Indonesia, mengakue berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3.     Kami putera dan puteri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Bagaimana generasi pemuda, bukankah isi dari Sumpah Pemuda tersebut mengandung beribu-ribu makna, makna yang sangat erat hubungannya dengan Bangsa Indonesia tercinta ini. Hai generasi pemuda, apa yang ada di benak kalian ketika kata-kata pemuda kerap di sebut-sebut dalam butir-butir Sumpah Pemuda tersebut. Di dalamnya terdapat catatan sejarah yang sangat berharga. Butir-butir dalam Sumpah Pemuda itu tidak hanya semata-mata disusun untuk menjadi hasil yang membantu kaum muda menjawab kebutuhan kemerdekaan dari penjajahan saat itu. Melainkan lebih dari itu, Sumpah Pemuda telah menjadi penyemangat yang terus ada dalam hati sanubari para pemuda itu. Suatu Penyemangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian dibungus dengan komitmen untuk senasib, sepenanggungan sebagai satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa.

Sebagai generasi muda-mudi bangsa indonesia, kita wajib mengenang para tokoh-tokoh yang sudah berperan aktif dalam upaya pembelaan negara Indonesia ini, kita sebagai pelajar harus selalu berpartisipasi aktif dalam bentuk menghargai Hari Sumpah Pemuda, kita sebagai pelajar, yang patut kita lakukan adalah  mempersiapkan diri kita untuk masa depan yang lebih baik, menjaga Indonesia agar menjadi negara yang berubah dari negara berkembang menjadi negara maju. Kita sudah tidak dapat lagi bertele-tele lagi, kita sudah di zamannya MEA (Masyarakan Ekonomi Asia). Maka dari itu, kita jangan sampai kalah dalam perekonomian negara. Hidup Indonesia, Hidup Para Pahlawan, Merdeka!!!. Seperti itulah hal yang harus kita lakukan, kita harus senantiasa tetap semangat. Karena NKRI itu Harga Mati!!!


                                            


Previous
Next Post »
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Atas