500 Juta Akun Password Yahoo Bocor

Ilustrasi kebocoran data pengguna yahoo
Ilustrasi kebocoran data pengguna yahoo

Yahoo telah menjadi korban serangan hacker yang mengakibatkan bocornya data-data pribadi sekitar 500 juta pengguna layanan-layanan internet perusahaan tersebut. Data yang tercuri adalah nama pengguna, alamat e-mail, nomor telepon, tanggal lahir, password yang terproteksi, dan security question berikut jawabannya.
Kasus itu terungkap seorang kriminal siber bernama “Peace” yang menjual data 200 juta pengguna Yahoo di dark web alias pasar gelap internet.

“Penyelidikan kami menyimpulkan informasi yang dicuri tidak termasuk password tanpa enkripsi, data kartu pembayaran atau informasi rekening bank,” kata Yahoo, seperti dirangkum Recode.

Yahoo pun digugat oleh penggunanya atas tuduhan lalai berselang satu hari setelah Yahoo menyatakan data pelanggannya telah dibobol. Ronald Schwartz (Warga New York) mengatasnamakan semua pengguna Yahoo di Amerika Serikat dan menggugat Yahoo di pengadilan federal San Jose, California.

Jika Anda adalah salah satu pengguna layanan Yahoo seperti Yahoo Mail, Tumblr, Flickr, atau Fantasy Football. Anda harus melakukan langkah berikut sebagai bentuk pertolongan pertama, seperti dikutip Mashable.

1. Perbarui kata password akun Yahoo Anda


Jika Anda menggunakan password yang sama dengan yang Anda gunakan untuk akun Yahoo atau memiliki pertanyaan keamanan yang serupa dengan akun Yahoo pada layanan lainnya. Kemungkinan besar, informasi akun Yahoo Anda telah bocor.

Anda harus memperbarui password akun Yahoo Anda, terutama jika Anda tidak pernah menggantinya sejak tahun 2014 ketika aksi peretasan itu terjadi.

2. Gunakan aplikasi password manager


Sebaiknya, Anda menggunakan password yang berbeda untuk setiap layanan internet dan media sosial. Anda bisa menggunakan aplikasi password manager seperti LastPass, 1Password, atau Dashlane sehingga Anda hanya perlu mengingat satu password.

Aplikasi Password Manager akan menyarankan, menyimpan, dan mengenkripsi password yang Anda gunakan di layanan atau situs lain.

3. Gunakan Yahoo Account Key


Yahoo menawarkan layanan Account Key yang memudahkan Anda tidak perlu lagi mengingat password yang Anda gunakan. Sebagai gantinya, Anda akan menerima notifikasi pada smartphone dan dapat ketuk “ya” untuk masuk ke akun.

 

4. Pertimbangkan layanan e-mail lainnya


Peretasan 500 juta pengguna akun Yahoo sudah terjadi pada tahun 2014 dan Yahoo tidak berani mengakuinya setelah ada tim investigasi yang menyelidikinya. Anda pun dapat mempertimbangkan penyedia layanan e-mail atau storage lainnya selain Yahoo.

Previous
Next Post »
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Atas