Troubleshoot Motherboard

Terkadang Motherboard sering mengalami kegagalan/error.Kegagalannya bisa dikarenakan arus listrik,rusaknya komponen,kesalahan BUS.


Oleh karena itu saya akan memberikan tips memperbaiki Motherboard yang mengalami kegagalan/error,


Berikut langkah-langkahnya :


1.Kerusakan Fisik
 Pada langkah ini, pastikan Motherboard tidak mengalami kerusakan fisik mungkin seperti kena benturan benda secara langsung pada motherboard,komponen yang terbakar,motherboard yang kotor,konektor rusak,korosi,dan kapasitor/chip yang meledak/terbakar.


2.Baterai BIOS
Pastikan baterai BIOS masih memiliki tegangan yang cukup untuk menyimpan settingan BIOS dan jika baterai sudah mulai berkurang tegangannya secepatnya diganti yang baru. 


3.Debu yang menempel
Bersihkan setiap debu yang menempel pada bagian motherboard dan konektor dengan kuas yang lembut dan pastikan setiap bagian motherboard dan konektor terbebas dari debu karena debu bisa saja faktor penyebab kegagalan sistem pada setiap konektor yang kotor karena debu karena menghambat tegangan yang ada pada konektor.



4.Tegangan Listrik
Cek tegangan listrik pada motherboard dengan alat yang bernama Multimeter untuk mengukur tegangan pada motherboard ( 5V,12V,3,3V dll) Jika ada tegangan listrik tidak normal segera periksa bagian Power Supply apakah ada kerusakan. 



5.Chip
Peiksa semua Chip Clock , sinyal Input+Output sampai menemukan bagian/komponen motherboard yang bermasalah



6.Penggantian Komponen
Ganti komponen yang rusak dengan jenis/tipe yang sama lalu coba nyalakan ulang CPU apakah masih mengalami masalah yang sama.



7.Kerusakan Masih Berlanjut 
Jika kerusakan masih berlanjut walau sudah melakukan beberapa hal diatas bisa dipastikan motherboard mengalami kerusakan parah secara permanen.Satu-satunya cara jika kerusakan parah yaitu dengan beli baru dengan seri/tipe yang sama atau mungkin bisa membeli tipe/merk lain tapi dengan spesifikasi yang sama dengan yang rusak.





Sekian langkah-langkah memperbaiki Motherboard yang rusak/error saya ucapkan "TerimaKasih" sudah mampir untuk melihat postingan saya ini

Previous
Next Post »
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Atas